Langsung ke konten utama

Laporan Praktik Minggu Ke 9-10 (PLC)


Nama :
1.      Rahmandino Damar Maulana (153600065)
2.      Achmad Faudzi (153600067)

Programmable Logic Controller atau PLC
Adalah suatu mikroprosesor yang digunakan untuk otomasi proses industri seperti pengawasan dan pengontrolan mesin di jalur perakitan suatu pabrik. PLC memiliki perangkat masukan dan keluaran yang digunakan untuk berhubungan dengan perangkat luar seperti sensor, relai, contactor dll. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengoperasikan PLC berbeda dengan bahasa pemrograman biasa. Bahasa yang digunakan adalah Ladder, yang hanya berisi input-proses-output. Disebut Ladder, karena bentuk tampilan bahasa pemrogramannya memang seperti tampilan tangga. Disamping menggunakan pemrograman ladder, PLC juga dapat diprogram dengan pemrograman SFC dan pemrograman ST, untuk yang ST sudah jarang digunakan lagi.

Pada pertemuan kali ini kita akan belajar memprogram PLC. Mulai dari awal membuka software, menyambungkan modul PLC ke Laptop atau PC hingga mentransfer program.
Bahan :
1.      PC atau Laptop
2.      Modul PLC (Disini menggunakan merk Omron Type CP1E N30)
3.      Software CX Programer (Software PLC tergantung dari modul PLC yang kalian gunakan, Karena kita disini memiliki modul PLC dari merk Omron maka software yang kita pakai adalah CX Programmer.
4.      Kabel USB Type B (Biasa ditemui di printer) berfungsi menghubungkan Modul PLC ke Laptop/PC

Langkah pembuatan program baru:
Sebelum memasuki program, terlebih dahulu kita akan belajar mengatur software agar dapat di sambungkan ke modul PLC (Mengingat software ini dapat digunakan banyak type PLC dari merk yang sama). Berikut adalah langkahnya :
1.      Buka CX Programer 9.5
2.      Pilih New
3.      Disini kita akan disuruh memilih jenis type PLC, pilih Device Type (disini menggunakan model CP1E) kemudian pilih tombol “setting” disampingnya untuk memilih model serinya (Disini menggunakan N30, pilih N30 kemudian OK), kemudian kita memilih network type, karena kita menggunakan USB ke Laptop/PC, pilih USB dan klik OK.
4.      Kalian siap memulai membuat program

Langkah menyambungkan Laptop/PC ke Modul PLC :
1.      Hubungkan PLC ke Laptop/PC dengan kable USB type B yang telah disiapkan.
2.      Pastikan driver PLC telah terinstal (Cek di Device Manager).
3.      Pastikan Modul PLC sudah keadaan menyala (ON).
4.      Pilih menu bar “PLC” dan pilih “Work Online” atau pilih “Ctrl+W” pada keyboard.
5.      PLC dan Laptop/PC kalian telah terhubung dan siap untuk mentransfer program.

Langkah mentransfer program ke atau dari PLC
v  Transfer program dari Laptop/PC ke Modul PLC :
1.      Klik “PLC” pada menu bar
2.      Pilih “Transfer”
3.      Pilih “To PLC”
v  Transfer program dari Laptop/PC ke Modul PLC :
1.      Klik “PLC” pada menu bar
2.      Pilih “Transfer”
3.      Pilih “From PLC”

Percobaan pertama
Tujuan : Kendali Output dengan menggunakan TIMER
Disini kita akan mengendalikan output PLC (Bisa berupa Lampu, Kontaktor, Relay dll.) dengan menggunakan fasilitas timer.  
Pengalamatan TIMER :
Address           : 000-255
Set Waktu       : #0-#9999
Pada set waktu satu detik maka ditulis #10
Untuk penulisan TIMER yaitu TIM “alamat” “waktu”
Misalnya : TIM 000 #50 untuk 5 detik.
1.      Buat program seperti dibawah ini.


2.      Jika sudah sambungkan modul PLC dan Laptop sesuai cara diatas.
3.      Transfer program ke modul PLC.
4.      Jika benar maka output akan mati setelah menyala 5 detik.


Percobaan kedua
Tujuan : mengetahui fungsi instruksi differentiate down (DIFD) dan instruksi differentiate Up (DIFU) di PLC
Salah satu fungsi dari instruksi tersebut yang sering digunakan adalah untuk membuat program satu tombol yang memiliki dua fungsi. Maksudnya kita ingin membuat program dengan menggunakan satu INPUT PLC yang memiliki dua fungsi berbeda. Sebagai contoh adalah untuk Start-Stop Lampu atau Motor Pompa.
1.      Buat program seperti dibawah ini.


2.      Jika sudah sambungkan modul PLC dan Laptop sesuai cara diatas.
3.      Transfer program ke modul PLC.
4.      Jika benar maka output 100.00 akan bekerja saat saklar beralamat 0.01 ditekan. Dan ketika saklar 0.01 kembali ditekan maka output 100.01 ikut bekerja. Untuk mematikan kedua output lewat saklar beralamat 0.00. perhatikan video berikut


Percobaan ketiga
Tujuan : Fungsi instruksi Clock Puls Bit
Adalah salah satu fasilitasyang daat mengontrol sebuah keluaran output. Instruksi ini identik dengan kontak NO/NC yang bekerja terus menerus dengan memberi masukan 1 dan 0 secara otomatis dalam detik atau menit. Berikut contoh programnya :
1.      Buat program seperti dibawah ini.


2.      Jika sudah sambungkan modul PLC dan Laptop sesuai cara diatas.
3.      Transfer program ke modul PLC.
4.      Jika benar perhatikan video berikut.


Percobaan keempat
Tujuan : Counter
Adalah instruksi yang ada di sebuah PLC yang mempunyai 2 masukan yakni Counter Input dan Reset Input. Untuk lebih paham mari lakukan percobaan berikut.
1.      Buat program seperti dibawah ini.


2.      Jika sudah sambungkan modul PLC dan Laptop sesuai cara diatas.
3.      Transfer program ke modul PLC.
4.      Jika benar perhatikan video berikut.



Ini adalah postingan terakhir kami. Terima kasih sudah stay tune menunggu postingan terbaru kami mohon maaf bila ada salah post atau lainnya. Sampai bertemu di lain kesempatan.
Sekian dan terima kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Praktik Minggu Ke 3

Nama : 1.       Rahmandino Damar Maulana (153600065) 2.       Achmad Faudzi (153600067) Tujuan : Membuat nada bunyi atau musik 1 oktaf Halo teman-teman semua kembali lagi dengan admin minggu ini. Di postingan ketiga kali ini kita akan mencoba membuat nada bunyi dengan arduino uno. Sebelumnya kita jelaskan sedikit mengenai teori singkat nada. Telinga manusia dapat mendengar bunyi dengan frekuensi 20 Hz sampai 20 KHz. Intensitas bunyi yang dapat didengar telinga antara 400 Hz sampai 700 Hz denganintesnistas 10 -6 sampai 10 -4 . Selain itu bunyi terlalu lemah sehingga tidak terdengar. Perubaha frekuensi bunyi secara teratur sering disebut Nada. Perubahan kelipatan tertentu secara teratur akan menghasilkan bunyi merdu berikut ini adalah tabel perbandingan frekuensi nada satu oktaf. Dibaca Do Re Mi Fa So La Si Do Perbandingan frekuensi 24 27 30 32 36 40 45 48 Nada nada dasa

Laporan Praktik Minggu Ke 6 (Running Teks LCD)

Nama : 1.      Rahmandino Damar Maulana (153600065) 2.      Achmad Faudzi (153600067) Halo kawan semua... kali ini kita akan mencoba praktek menampilkan teks pada LCD 16x2 dengan menggunakan arduino Berikut bahan yang kalian siapkan sebagai berikut. No Bahan Jumlah Keterangan 1 Arduino Uno + Kabel USB 1 2 LCD 16x2 1 3 Project Board 1 4 Laptop/Notebook/PC 1 Sudah terinstal Software Arduino 5 Kabel connector secukupnya 6 Resistor 1 220Ω 7 Potensiometer 1 Jika alat dan bahan sudah disiapkan langsung saja kita mulai beberapa percobaan berikut. 1.        Percobaan Tujuan : menampilkan teks berjalan pada LCD a.         Rangkai bahan yang telah kita siapkan diatas sesuai skema b.        Nyalakan PC/Laptop kemudian buka software Arduino uno c.         Sambungkan kabel USB Arduino ke

Laporan Praktik Minggu Ke 7 (Pascal) Part 1

Nama : 1.      Rahmandino Damar Maulana (153600065) 2.      Achmad Faudzi (153600067) Pascal adalah  bahasa pemrograman  yang pertama kali di buat oleh Profesor  Niklaus Wirth , seorang anggota International Federation of Information Processing (IFIP) pada tahun 1971. Dengan mengambil nama dari  matematikawan   Perancis ,  Blaise Pascal , yang pertama kali menciptakan mesin penghitung, Profesor Niklaus Wirth membuat bahasa Pascal ini sebagai alat bantu untuk mengajarkan konsep pemrograman  komputer  kepada mahasiswanya. Selain itu, Profesor Niklaus Wirth membuat Pascal juga untuk melengkapi kekurangan-kekurangan bahasa pemrograman yang ada pada saat itu. Kelebihan dari bahasa pemrograman Pascal adalah: 1.       Tipe Data Standar, tipe-tipe data standar yang telah tersedia pada kebanyakan bahasa pemrograman. Pascal memiliki  tipe data  standar:  boolean ,  integer ,  real ,  char ,  string , 2.       User defined Data Types, programmer dapat membuat tipe data lain ya